2011-10-01

Studi Ekologi dan Potensi Geronggang (Cratoxylon arborescens Bl.) di Kelompok Hutan Sungai Bepasir-Sungai Siduung, Kabupaten Tanjung Redeb, Kalimantan Timur

REVIEW :

Penelitian ini merupakan penelitian berbasis sinekologi. Dimana  Sinekologi adalah ekologi  yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu. Dalam penelitian ini, bahwa sebagian besar spesies berasosiasi dengan geronggang. Asosiasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara pohon geronggang dengan vegetasi. keanekaragaman jenis vegetasi, di kelompok hutan Sungai Bepasir-Sungai Siduung, Kabupaten Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.
Dalam penelitian ini, indeks asosiasi geronggang dengan vegetasi lain untuk tingkat pohon. Nilai indeks asosiasi disajikan pada indeks menunjukkan  Nilai yang ditunjukkan oleh indeks berkisar antara 0,09- 0,48, makin besar indeks makin erat hubungan antara pohon satu dengan yang lain ekologi dan potensi geronggang (C. arborescens) di habitat alamnya. Pada jalur ini dilakukan pengukuran semai, pancang, tiang, dan pohon. Jenis tumbuhan yang mendominasi tegakan di kelompok hutan Sungai Bepasir-Sungai Siduung, adalah meranti (Shorea spp.) dengan INP 38,3%, pisang-pisang (Mezzetia parviflora) dengan INP 26,6%, dan mertibu (Dacrylocladus stenostachys) dengan INP 23,2%. Jenis geronggang hanya memiliki INP 8,8%. Jenisjenis yang berasosiasi kuat dengan geronggang adalah rengas (Gluta renghas) dengan indeks Ochiai 0,48, kemudian kemudian diikuti oleh jenis pisang-pisang (M. parviflora) dengan indeks 0,47, dan terentang (Campnosperma auriculata) dengan indeks 0,46. Jenis yang berasosiasi dengan geronggang tetapi tidak kuat adalah kelansau (Dryobalanops abnormis) dengan indeks 0,09 Pohon geronggang tumbuh di kawasan hutan hujan tropis dengan tipe iklim A dan B, habitatnya di hutan rawa, rawa gambut, dan zona peralihan antara hutan rawa dan hutan tanah kering.

SOURCE

http://indoplasma.or.id/publikasi/buletin_pn/pdf/buletin_pn_13_2_2007_82-87_heriyanto.pdf

0 komentar:

Posting Komentar

 

Yulia Ektum © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates