2011-10-01

Perbedaan AUTEKOLOGI Dan SINEKOLOGI

Pengertian Ekologi Hutan, Istilah Ekologi diperkenalkan oleh Ernest Haeckel (1869), berasal dari bahasa Yunani, yaitu: Oikos = Tempat Tinggal (rumah), Logos = Ilmu, telaah. Oleh karena itu Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan sesamanya dan dengan lingkungnya. Odum (1993) menyatakan bahwa ekologi adalah suatu studi tentang struktur dan fungsi ekosistem atau alam dan manusia sebagai bagiannya.
Di dalam ekologi hutan ada dua bidang kajian, yaitu : Autekologi dan Sinekologi.       
  • Autekologi, yaitu ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Contoh autekologi misalnya mempelajari sejarah hidup suatu spesies organism, perilaku dan adaptasinya terhadap lingkungan. Jadi, jika kita mempelajari hubungan antara pohon pinus merkusii dengan lingkungannya, maka itu termasuk autekologi. Contoh lain adalah mempelajari kemampuan adaptasi pohon merbau (Intsia palembanica) di padang alang-alang.



Autekologi

  • Sinekologi, yaitu : ekologi yang mempelajari kelompok organism yang tergabung dalam satu kesatuan yang saling berintraksi dalam daerah tertentu. Misalnya mempelajari struktur atau komposisi spesies di hutan rawa, hutan gambut, atau di hutan payau, mempelajari pola distribusi binatang liar di hutan alam, hutan wisata, margasatwa, atau di taman nasional.


Sinekologi





0 komentar:

Posting Komentar

 

Yulia Ektum © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates